Thursday 24 July 2008

Survei pasar(Posting ke dua)

Sebelum anda membuka sebuah toko,baik di pinggir jalan,di perkampungan maupun di pasar tradisional ,ada baiknya yang perlu anda lakukan pertama kali adalah survei pasar.
Kenapa survei pasar? ini adalah pertanyaan yang bagus.Survei pasar mutlak di lakukan.Kenapa?karena maju mundurnya sebuah usaha di tentukan oleh langkah awal yang di lakukan.Tanpa survei pasar yang tepat ,bukan kesuksesan yang kita dapatkan,bisa jadi malah membuang uang sia-sia.Lalu apa saja yang harus di lakukan.
  • Tentukan lokasi yang di inginkan
  • Produk apa yang kita jual
  • Berapa banyak persaingan di lokasi yang kita maksud
Poin satu menentukan berapa banyak pengunjung yang akan datang dan berbelanja ke toko kita.Setidaknya lokasi di persimpangan dan banyak berkerumun orang,tentu berbeda dengan tempat yang terpencil atau di pasar pinggiran.

Poin ke dua juga tidak kalah pentingnya,produk yang menarik dan di butuhkan masyarakat tentu akan mempunyai nilai ekonomis tinggi,jika di banding dengan produk yang sekunder.

Poin ke tiga menentukan berapa nilai omset yang akan kita raih.semakin banyak toko yang menjual produk yang sama dalam satu lokasi,tentu akan semakin kecil omset yang akan kita dapatkan.

Pada dasarnya watak manusia selalu menyukai hal-hal yang menjadi hobi.Dengan hobinya manusia sering melakukan hal yang luarbiasa.Lalu apa hobi anda(kesukaan anda)dalam berusaha dagang.Mungkin suka dagang sayur-mayur,snack(makanan ringan),peralatan listrik,atau gabungan dari beberapa macam produk.

Berdasarkan survei yang telah saya lakukan di sebuah pasar tradisional,kategori persaingan yang terjadi menurut saya adalah:
  • 40% Kebutuhan sehari-hari
  • 30% Sayur-mayur
  • 15% Snack(makanan ringan)
  • 10% Obat/kosmetik/peralatan listrik
  • 5% Gado-gado
Semakin besar persentase yang tercantum di atas,semakin besar pula persaingannya.Di sini pula pemain besar saling berlomba untuk menarik pengunjung ke toko mereka.Karena kebutuhan sehari-hari yang di tawarkan,maka bagian ini konsentrasi pengunjung berada.Kesibukan dan pelayanan sangat serasi dengan ramainya pengunjung.Di tempat ini biasanya harga tidak bisa dipermainkan,Di kanan kiri kita berdiri toko yang menjual produk sama.maka penetapan harga sangatlah menentukan.Harga sedikit lebih tinggi dari tetangga,memungkinkan pengunjung pindah ke toko sebelah.Biarpun untung sedikit yang penting pengunjung tetap setia.

Persentase selanjutnya lebih kecil dari yang pertama.Maka tingkat persaingannya tentu semakin kecil.
Selanjutnya Sampai batas persentase akhir(5%) biasanya produk yang di tawarkan produk pelengkap.Secara teori harusnya persentase akhir lebih menjanjikan,karena yang dagang sedikit,namun kenyataanya tidak demikian.Berhubung barang yang di tawarkan tak lebih dari barang pelengkap.Biasanya para pengunjungpun tidak secara khusus menyediakan anggaran belanja.

Terimakasih atas kunjungannya ke "TheOpenShop"semoga bermanfaat



2 comments:

  1. ya kalau bisa di update terus.Supaya komplit.Kebetulan istri berencana membuka usaha sampingan di rumah.Kayaknya blog ini bisa di jadikan rujukan.Thanks

    ReplyDelete